Skip to main content

SIMULASI DIGITAL BLOG

 Blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa aneka macam konten atau tulisan-tulisan yang bisa dipublikasikan  (posting) pada sebuah halaman web umum (template blog).Tulisan-tulisan dalam sebuah web seringkali diurutkan dari postingan yang terbaru lalu postingan yang lama. Meskipun tidak selamanya demikian, tergantung bagaimana pengguna mengaturnya di bagian sidebar tata letak blognya.
Perbedaan Blog, Blogger, Blogging Dan Blogspot
·                       Blog adalah website pribadi (personal website) baik blog yang dibuat secara gratis di blogger, wordpress, atau platform blog gratis lainnya, maupun dengan menggunakan nama domain dan hosting berbayar com,net,id yang biasa di sebut Top Level Domain (TLD).
·                       Blogger adalah pemilik blog atau yang mempunyai dan mengelola blog. Blogger juga berarti platform blog gratis milik google, yakni www.blogger.com, dengan subdomain .blogspot.com. 
·                       Blogging adalah aktivitas pengguna blog, yaitu membuat dan mengisi blog dengan konten tulisan, gambar, video dan lain-lain. Blogging dalam bahasa Indonesia biasa disebut ngeblog.
·                       Blogspot adalah subdomain alamat blog di platform blogger. Jika dibuka di Indonesia, maka alamatnya menjadi blogspot.co.id, di Jepang, alamatnya menjadi blogspot.jp, di Hongkong menjadi blogspot.hk, di India menjadi blogspot.in, dan lain sebagainya.
·         Sejarah Munculnya Blog
·           Media blog dipopulerkan pertama kali oleh Blogger.com, milik Pyra Labs. Namun pada akhir tahun 2002 telah diakuisisi oleh pihak Google. Nah, semenjak itulah, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang sifatnya sumber terbuka (open source). Hal ini dimanfaatkan untuk perkembangan para penulis blog (blogger) tersebu
·         Manfaat Dan Kegunaan Blog
·           Blog memiliki fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, hingga program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas.
·           Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan.
·           Namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas, contohnya yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.
·           Situs-situs web yang saling berkaitan antara beberapa blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut dengan istilah blogosphere. Jika sebuah kumpulan gelombang informasi, aktivitas dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blog storm atau badai blog. Sedangkan untuk kontennya bisa disebut konten viral, dimana orang-orang saling menshare atau membagikan konten tersebut di media sosial.
·         Komunitas Blogger
·           Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan hoby, kesamaan asal daerah, kesamaan kampus dan lain sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama seperti kopi darat (Kopdar), traveling, project review, dan lain-lain. Seperti saya dari Blogger Losari,Brebes yang senang shareing dengan ereka di grup sehingga saya bisa membuat blog yang lumayan gede dan bisa terbilang lumayan.Hahahaa
·           Untuk bisa bergabung dalam sebuah komunitas blogger, biasanya ada syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa gabung ke komunitas grup tersebut. Misalkan harus berasal dari sebuah daerah tertentu atau memiliki kesamaan minat tertentu. 
·         Budaya Ngeblog
·          Budaya Ngeblog menurut Istilah orang indonesia untuk kegiatan blogging yaitu ngeblog. Ngeblog harus dilakukan hampir di setiap waktu dengan tujuan untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog.
·          Kegiatan ngeblog bisa bermacam-macam, bisa menambah konten artikel, optimasi konten yang telah dibuat, dan lain-lain. Saat ini sudah ada lebih miliaran blog yang bisa ditemukan di dunia internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk merawat blognya.
·          Selain merawat dan terus melakukan update di blognya, para blogger yang tergolong baru pun (newbie) masih harus sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar (backlink comment).
·         Manfaat Ekonomis
·            Saat ini banyak dari para blogger yang telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan (ekonomi, keuangan) utama melalui sebuah program periklanan (misalnya publisher Google AdSense, postingan berbayar, penjualan produk dan berbagai macam program-program afiliasi).
·           Kita mungkin tidak asing lagi dengan istilah bisnis online. Banyak sekali tempat untuk berjualan online, mulai dari membangun toko online hingga tahap optimasi menggunakan tekhnik SEO. Sehingga kemudian munculah istilah blogger profesional atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog (mengelola sebuah blog), karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah.


Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kalkulus # Dosen iT

Kalkulus Selamat datang di halaman kalkulus! Langkah awal kamu untuk belajar online! Secara umum, kalkulus adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari mengenai masalah-masalah perubahan. Inti dari konsep materi ini adalah perubahan bilangan-bilangan yang digunakan dalam perhitungan matematika. Ada beberapa pembelajaran besar dalam topik ini, yaitu limit fungsi, diferensial (turunan), integral, dan luas daerah & volume benda putar. Kata ‘kalkulus’ diambil dari Bahasa Latin  calculus  yang berarti batu kecil. Hal ini dikarenakan orang-orang terdahulu masih menggunakan batu-batu kecil untuk melakukan perhitungan matematika. Bidang ini pertama kali dikembangkan oleh 2 ilmuwan besar,  Sir Issac Newton dan  Gottfried Leibniz . Newton mengembangkan kalkulus diferensial, sedangkan Leibniz mengembangkan kalkulus integral. Materi ini merupakan materi yang sangat penting dalam berbagai ilmu, terutama matematika. Untuk matematika, materi kalkulus bisa menjadi jalan ke

Definisi, Karakteristik, dan Manfaat Data Mining

Definisi, Karakteristik, dan Manfaat Data Mining Secara umum, pengertian data mining untuk business intelligence adalah cara-cara untuk mengembangkan business intelligence dari data yang dikumpulkan, diorganisir, dan disimpan oleh suatu organisasi. Teknik-teknik dalam data mining sangatlah luas sekali dan digunakan oleh berbagai organisasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pelanggan dan cara kerja mereka dan untuk menyelesaikan berbagai masalah organisasi yang sangat kompleks. Dalam seri ini kita akan mempelajari data mining sebagai teknologi pendorong bagi business intelligence, mempelajari proses-proses standard dalam melaksanakan proyek-proyek data mining, memahami dan membangun keahlian dalam menggunakan teknik-teknik data mining yang populer, mengembangkan pengetahuan mengenai berbagai tool software yang ada, dan membedah berbagai macam mitos dan jebakan dalam data mining. Konsep dan Aplikasi Data Mining Dalam suatu interview dengan majalah ‘Computer

tugas kewirausahaan business plan (wedang jahe instant)

RINGKASAN EKSEKUTIF Wedang Jahe Instan adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi yang menyediakan berbagai macam  minuman hangat berupa wedang jahe yang instan yang siap seduh, Target pasar kami dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa. Dalam rencana pengembangan usaha, kami bergerak lebih ke dunia maya ( online ). Kami melihat peluang yang lebih besar dari penjualan  online,  dilihat dari banyaknya pengguna gadget atau smartphone. Mereka dapat melihat produk kami darimana dan kapan saja, tanpa harus datang ke tempat kami. Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan kami. Keunggulan produk kami : a. wedang jahe instan yang mudah penyajian nya dirumah b. Harga jauh lebih terjangkau.         c. Efisiensi waktu, tanpa harus COD pembeli bisa bertransaksi lewat e-banking. Setiap minggu kami menargetkan minimal 15 box terjual. Data ini kami dapatkan berdasarkan perhitungan yang kami lakukan, agar perputaran uang dalam perusaha