Skip to main content

tugas kewirausahaan business plan (wedang jahe instant)

RINGKASAN EKSEKUTIF
Wedang Jahe Instan adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi yang menyediakan berbagai macam  minuman hangat berupa wedang jahe yang instan yang siap seduh, Target pasar kami dari tingkat anak – anak sampai orang dewasa. Dalam rencana pengembangan usaha, kami bergerak lebih ke dunia maya (online). Kami melihat peluang yang lebih besar dari penjualan online, dilihat dari banyaknya pengguna gadget atau smartphone. Mereka dapat melihat produk kami darimana dan kapan saja, tanpa harus datang ke tempat kami. Prospek pengembangan ini, kami optimis bisa meningkatkan penghasilan perusahaan kami.

Keunggulan produk kami :
a. wedang jahe instan yang mudah penyajian nya dirumah
b. Harga jauh lebih terjangkau.        
c. Efisiensi waktu, tanpa harus COD pembeli bisa bertransaksi lewat e-banking.
Setiap minggu kami menargetkan minimal 15 box terjual. Data ini kami dapatkan berdasarkan perhitungan yang kami lakukan, agar perputaran uang dalam perusahaan berjalan dengan baik. Rencana pendapatan perusahaan perbulan jika produk terjual sebanyak target minimal yaitu 15 box dengan modal produksi Rp 500.000 dan kami jual  dipasaran dengan harga Rp 7000/pack maka kami mendapatkan keuntngan sebesar Rp 800.000/bulan.

Estimasi modal yang kami butuhkan, sekitar Rp 500.000,-. Modal tersebut diperuntukkan untuk pengadaan barang modal yang nantinya kami jual kembali. Dalam sistem bisnis, kami membeli produk mereka dengan sistem kredit.Dari modal awal kami memberikan uang muka sebagai tanda kesepakatan bisnis.



2.            LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1.       DATA PERUSAHAAN
1.             Nama Perusahaan               : WEDANG JAHE INSTAN
2.             Bidang Usaha                    : BIDANG USAHA PRODUKSI MINUMAN
3.             Jenis Produk                                 : WEDANG JAHE
4.             Alamat Perusahaan            : PERUM ALAM INDAH  NO.10 KALISALAK       
5.             Nomor Telepon/Fax           : 08201543297
6.             Alamat E-mail                    : ade.fatahillah1993@gmail.com
7.             Bank Produsen                  :          
8.             Bentuk Badan Perusahaan : Home Industri
9.             Nomer Akte Pendirian       :          
10.         NPWP                                 :          
11.         Mulai Berdiri                      : 20 november 2017

Analisis Pasar dan Pemasaran
1. Gambaran Produk
Produk kami adalah berupa minuman instant yang pastinya lebih memudahkan konsumen untuk menyeduh kapan saja dirumah dan lebih praktis:
Produk-produk kami setiap harinya selalu berkembang dan terus meningkat di pasaran
2. Gambaran Pasar
Pasar utama kami adalah dengan menitipkan produk kami ke setiap warung warung kecil atau toko besar agar masyarakat lebih mudah untuk mencakup produk kami.
Analisis Manajemen SWOT
Strength
Persaingan yang masih sedikit dalam pasar
Segmentasi pasar yang luas
Konsep produk yang unik
Manfaat khas dari Jahe yang sudah tak asing lagi masyarakat umum
Weakness
Minimnya pelestarian pohon Jahe
Keterbatasan supplier bahan baku
Kurangnya pengalaman
Opportunity
Melestarikan minuman jahe dalam masyarakat
Menjadi primadona dalam bisnis minuman jahe instant
Mengembangkan bisnis dalam bentuk instant
Threat
Potensi Munculnya bisnis baru yang sama
Potensi berkembangnya bisnis yang sama yang sudah ada

Analisis Keuangan (sumber modal)

Kami akan menerima modal baik berupa pinjaman atau investasi dari :
Milik sendiri
Keluarga
Teman / Kenalan
Lembaga keuangan

Wedang Jahe Instant didirikan pada tahun 2017 oleh Sdr, Ade Fatahillah, sebagai produsen pelopor minuman instan jahe kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan.
VISI dan MISI
Visi :
Wedang Jahe Instant  telah menjadi bagian dari keluarga  lokal lebih selama lebih dari 2 bulan. Sebagai pelopor minuman jahe dalam  kemasan sejak didirikan tahun 2017, kini Wedang Jahe Instant menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari minuman siap saji sehat masyarakat Indonesia..
Misi . Wedang Jahe Instant selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (pelestarian pohon jahe untuk masyarkat Indonesia) dan pelatiah dan pengertian hasiat dari jahe sendiri

1. Menetapkan Arah dan Misi Organisasi
Visi, misi dan tujuan suatu organisasi akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi, misi dan tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan kurang jelas serta mudah mudah diombang-ambing oleh situasi eksternal.
2. Memahami Lingkungan
Tujuan dari analisis lingkungan ini sendiri dimaksudkan agar dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi sehingga manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isi kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengerug yang cukup kuat terhadap perusahaan. Lingkungan terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal berada didalam perusahaan sedangkan lingkungan eksternal berada
 diluar perusahaan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Kalkulus # Dosen iT

Kalkulus Selamat datang di halaman kalkulus! Langkah awal kamu untuk belajar online! Secara umum, kalkulus adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari mengenai masalah-masalah perubahan. Inti dari konsep materi ini adalah perubahan bilangan-bilangan yang digunakan dalam perhitungan matematika. Ada beberapa pembelajaran besar dalam topik ini, yaitu limit fungsi, diferensial (turunan), integral, dan luas daerah & volume benda putar. Kata ‘kalkulus’ diambil dari Bahasa Latin  calculus  yang berarti batu kecil. Hal ini dikarenakan orang-orang terdahulu masih menggunakan batu-batu kecil untuk melakukan perhitungan matematika. Bidang ini pertama kali dikembangkan oleh 2 ilmuwan besar,  Sir Issac Newton dan  Gottfried Leibniz . Newton mengembangkan kalkulus diferensial, sedangkan Leibniz mengembangkan kalkulus integral. Materi ini merupakan materi yang sangat penting dalam berbagai ilmu, terutama matematika. Untuk matematika, materi kalkulus bisa menjadi jalan ke

Definisi, Karakteristik, dan Manfaat Data Mining

Definisi, Karakteristik, dan Manfaat Data Mining Secara umum, pengertian data mining untuk business intelligence adalah cara-cara untuk mengembangkan business intelligence dari data yang dikumpulkan, diorganisir, dan disimpan oleh suatu organisasi. Teknik-teknik dalam data mining sangatlah luas sekali dan digunakan oleh berbagai organisasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai pelanggan dan cara kerja mereka dan untuk menyelesaikan berbagai masalah organisasi yang sangat kompleks. Dalam seri ini kita akan mempelajari data mining sebagai teknologi pendorong bagi business intelligence, mempelajari proses-proses standard dalam melaksanakan proyek-proyek data mining, memahami dan membangun keahlian dalam menggunakan teknik-teknik data mining yang populer, mengembangkan pengetahuan mengenai berbagai tool software yang ada, dan membedah berbagai macam mitos dan jebakan dalam data mining. Konsep dan Aplikasi Data Mining Dalam suatu interview dengan majalah ‘Computer