RINGKASAN EKSEKUTIF
Wedang
Jahe Instan adalah perusahaan yang bekerja dalam bidang produksi yang
menyediakan berbagai macam minuman
hangat berupa wedang jahe yang instan yang siap seduh, Target pasar kami dari
tingkat anak – anak sampai orang dewasa. Dalam rencana pengembangan usaha, kami
bergerak lebih ke dunia maya (online). Kami melihat peluang yang lebih
besar dari penjualan online, dilihat dari banyaknya pengguna
gadget atau smartphone. Mereka dapat melihat produk kami darimana dan kapan
saja, tanpa harus datang ke tempat kami. Prospek pengembangan ini, kami optimis
bisa meningkatkan penghasilan perusahaan kami.
Keunggulan produk kami :
a. wedang
jahe instan yang mudah penyajian nya dirumah
b. Harga
jauh lebih terjangkau.
c. Efisiensi
waktu, tanpa harus COD pembeli bisa bertransaksi lewat e-banking.
Setiap
minggu kami menargetkan minimal 15 box terjual. Data ini kami dapatkan
berdasarkan perhitungan yang kami lakukan, agar perputaran uang dalam
perusahaan berjalan dengan baik. Rencana pendapatan perusahaan perbulan jika
produk terjual sebanyak target minimal yaitu 15 box dengan modal produksi Rp
500.000 dan kami jual dipasaran dengan harga Rp 7000/pack maka kami
mendapatkan keuntngan sebesar Rp 800.000/bulan.
Estimasi
modal yang kami butuhkan, sekitar Rp 500.000,-. Modal tersebut diperuntukkan
untuk pengadaan barang modal yang nantinya kami jual kembali. Dalam sistem
bisnis, kami membeli produk mereka dengan sistem kredit.Dari modal awal kami
memberikan uang muka sebagai tanda kesepakatan bisnis.
2. LATAR
BELAKANG PERUSAHAAN
2.1. DATA
PERUSAHAAN
1. Nama
Perusahaan :
WEDANG JAHE INSTAN
2. Bidang
Usaha :
BIDANG USAHA PRODUKSI MINUMAN
3. Jenis
Produk :
WEDANG JAHE
4. Alamat
Perusahaan :
PERUM ALAM INDAH NO.10 KALISALAK
5. Nomor
Telepon/Fax :
08201543297
7. Bank
Produsen :
8. Bentuk
Badan Perusahaan : Home Industri
9. Nomer
Akte
Pendirian :
10. NPWP :
11. Mulai
Berdiri :
20 november 2017
Analisis Pasar dan Pemasaran
1. Gambaran Produk
Produk kami adalah berupa minuman instant yang pastinya lebih memudahkan
konsumen untuk menyeduh kapan saja dirumah dan lebih praktis:
Produk-produk kami setiap harinya selalu berkembang dan terus meningkat di
pasaran
2. Gambaran Pasar
Pasar utama kami adalah dengan menitipkan produk kami ke setiap warung
warung kecil atau toko besar agar masyarakat lebih mudah untuk mencakup produk
kami.
Analisis Manajemen SWOT
Strength
Persaingan yang masih
sedikit dalam pasar
Segmentasi pasar yang
luas
Konsep produk yang unik
Manfaat khas dari Jahe
yang sudah tak asing lagi masyarakat umum
Weakness
Minimnya pelestarian
pohon Jahe
Keterbatasan supplier
bahan baku
Kurangnya pengalaman
Opportunity
Melestarikan minuman
jahe dalam masyarakat
Menjadi primadona dalam
bisnis minuman jahe instant
Mengembangkan bisnis
dalam bentuk instant
Threat
Potensi Munculnya
bisnis baru yang sama
Potensi berkembangnya
bisnis yang sama yang sudah ada
Analisis Keuangan (sumber
modal)
Kami akan menerima
modal baik berupa pinjaman atau investasi dari :
Milik sendiri
Keluarga
Teman / Kenalan
Lembaga keuangan
Wedang Jahe Instant
didirikan pada tahun 2017 oleh Sdr, Ade Fatahillah, sebagai produsen pelopor
minuman instan jahe kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan.
VISI dan MISI
Visi :
Wedang Jahe Instant telah menjadi bagian dari keluarga lokal lebih selama lebih dari 2 bulan. Sebagai pelopor minuman jahe dalam kemasan sejak didirikan tahun 2017, kini Wedang Jahe Instant menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari minuman siap saji sehat masyarakat Indonesia..
Misi . Wedang Jahe Instant selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (pelestarian pohon jahe untuk masyarkat Indonesia) dan pelatiah dan pengertian hasiat dari jahe sendiri
VISI dan MISI
Visi :
Wedang Jahe Instant telah menjadi bagian dari keluarga lokal lebih selama lebih dari 2 bulan. Sebagai pelopor minuman jahe dalam kemasan sejak didirikan tahun 2017, kini Wedang Jahe Instant menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari minuman siap saji sehat masyarakat Indonesia..
Misi . Wedang Jahe Instant selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (pelestarian pohon jahe untuk masyarkat Indonesia) dan pelatiah dan pengertian hasiat dari jahe sendiri
1. Menetapkan Arah
dan Misi Organisasi
Visi, misi dan tujuan suatu organisasi akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi, misi dan tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan kurang jelas serta mudah mudah diombang-ambing oleh situasi eksternal.
2. Memahami Lingkungan
Tujuan dari analisis lingkungan ini sendiri dimaksudkan agar dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi sehingga manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isi kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengerug yang cukup kuat terhadap perusahaan. Lingkungan terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal berada didalam perusahaan sedangkan lingkungan eksternal berada diluar perusahaan.
Visi, misi dan tujuan suatu organisasi akan menentukan arah yang akan dituju oleh organisasi. Tanpa adanya visi, misi dan tujuan maka kinerja organisasi akan berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan kurang jelas serta mudah mudah diombang-ambing oleh situasi eksternal.
2. Memahami Lingkungan
Tujuan dari analisis lingkungan ini sendiri dimaksudkan agar dapat mengerti dan memahami lingkungan organisasi sehingga manajemen mempunyai kemampuan merespon berbagai isi kritis mengenai lingkungan yang mempunyai pengerug yang cukup kuat terhadap perusahaan. Lingkungan terdiri dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal berada didalam perusahaan sedangkan lingkungan eksternal berada diluar perusahaan.
Comments
Post a Comment